Jumat, 10 Juli 2009

LPJ Kepengurusan 2008-2009

VI. LAPORAN PERBIDANG

Ø Ketua Umum

Ketua adalah seorang pemimpin yang bertugas untuk mengatur semua setruktur organisasinya, sehigga program-program yang di dalamnya dapat berjalan karena ada yang mengaturnya.

Adapun program kerja UKM BO TaeKwonDo adalah:

1. Buka bersama

2. Latihan Gabungan

3. Darmajaya CUP VI yang sedang berjalan

Ø Sekretaris Umum

Seorang sekretaris adalah seseorang yang membantu ketua dalam menjalankan tugasnya dengan cara memberikanbantuan pikiran dan membantu dalam hal adsminitrasi, sehingga segala keperluan dan urusan UKM BO TKD dapat berjalan.

Adapun daftar surat-surat yang masuk dan keluar UKM BO TaeKwonDo adalah:

Ø Bendahara Umum

Bendahara adalah seseorang yang bertugas untuk mengatur keuangan suatu organisasi dan me-manage dana-dana yang ada sehingga dapat memenuhi kebutuhan UKM BO TaeKwonDo.

Adapun daftar keuangan yang dimiliki oleh UKM BO TaeKwonDo saat ini adalah:

Ø Devisi Perlengkapan

Devisi perlengkapan bertanggung jawab dalam mengurus perlengkapan yang dimiliki oleh UKM BO TaekwonDo atau yang dibutuhan oleh para anggota UKM BO TaeKwonDo.

Adapun daftar perlengkapan yang dimiliki oleh UKM BO TaeKwonDo saat ini adalah:

NO

Nama Barang

Jumlah

Keterangan

1

Target

11 Buah

Bagus

2

Body Protector

3 Pasang

Bagus

3

Helm

2 Pasang

Bagus

4

Deker Tangan

3 Pasang

Bagus

5

Deker Kaki

3 Pasang

Bagus

6

Pelindung Alat Vital Laki-Laki)

1 Buah

Cukup Bagus

Untuk saat ini selama pengurusan kami menambah 6 Target untuk perlengkapan latihan.

Ø Devinisi Perekrutan

Devinisi ini bertugas untuk merukrut anggota baru yang selanjutnya akan menjadi generasi penerus UKM BO TaeKwonDO IBI Darmajaya. Dalam periode pengurusan Tahun 2008-2009, anggota baru ada orang, namun anggota baru bertahan sampai saat ini, kurang lebih hanya orang.

Ø Devinisi Pembinaan

Devinisi pembinaan adalah divisi yang me-manage para anggata baru yang telah direkrut dan menyediakan sarana pembinaanpara anggota barudan pengurus lainnya,sehingga menjadi SDM yang handal.

VII. PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN

A. Permasalahan

Dalam hasil evaluasi dan analisaselama satu periode ini, maka kami dapat menyimpulkan permasalahansebagai berikut:

1. Secara umum banyak pengurus / anggota belum memahami AD\ART UKM BO TKD.

2. Rasa loyalitas yang kurangterhadap organisasi di kalangan pengurus / anggota.

3. Belum oktimalnya pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang sebagai peranan control pengurus.

4. Kurang pedulinya anggota terhadap pengurus dan kurang tanggapnya pengurus terhadap kemauan dari anggota sehingga selalu terjadi miss communication antara pengurus dan anggota.

5. Tindakan indisipliner para anggota dalam berlatih.

B. Penyelesaian

Memperhatikan masalah yang ada pada saat pengurusan kami, maka diskusi yang kami lakukan adalah:

1. Meningkatkan kerjasama dan kordinasi antar pengurus dengan cara membuat jadwal pertemuan rutin antara pengurus dan anggota, sehingga diskusi akan menjadi mudah untuk dilaksanakan.

2. Mulai menumbhkan kecintaanyang tinggi terhadap UKM BO TaeKwonDo Darmaaya, sehingga semua tindakan kita lebih optimal.

3. Lebih menyadari akan tugas, fungsi dan Job Description dari masing-masing pengurus,agar lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya.

4. Memulai disiplin dengan dating tepat waktu di setiap pertemuan, baik rapat maupun latihan.

VIII. SARAN-SARAN

Selama + satu tahun kepengurusan kami ini, bayak kendala-kendala yang kami hadapi, baik dari pengaruh factor internal maupun eksternal. Mudah-mudahan dengan pengalaman yang kami dapatkan , bias menjadi pelajaran yang berharga bagi pengurusan selanjutnyadan semoga tidak mengalami hal yang serupa. Adapun saran dan masukan kami adalah:

  1. Semoga rekan-rekan pengurus periode yang akan dating dapat mewujudkan fungsi UKM BO TaeKwonDo yang sebenar-benarnya dan sebaik-baiknya,berfikir bahwa UKM BO TaeKwonDo sangatlah penting bagi pembelajaran dan tidaklah terpaku pada minat dan bakat tetapi juga di bidang organisasi.
  2. Tumbuh rasa persaudaraan yang tinggi atar pengurus untuk meminimalisirperselisihan yang akan timbul. Salimg bahu-membahu dan membantu demi kemajuan organisasidan tugas yang kita emban bersama.
  3. Untuk kepengurusan selanjutnya, kami berharap agar semua pengurus yang terpilih nanti harus mempunyai loyakitas yang tinggi dan mau bekerja sebaik-baiknya untuk kemajuan UKM BO TaeKwonDo.
  4. Untuk pengurus di periode selanjutnya, buatlah program kerja yang lebih baik lagi dari yang telah kami jalani. Keluarkan ide-ide yang kalian miliki untuk perkembangan dan kemajuan UKM BO TaeKwonDo.
  5. Ciptakan lah situasi dan kondisi yang lebih nyaman lagi untk para pengurus lain,anggota dan pelatih.
  6. Tumbuhkan rasa kekeluargaan yang tinggi dalam lingkungan Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Olahraga TaeKwonDo Darmajaya.

IX. PENUTUP

Demikianlah laporan penaggung jawab (LPJ) Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Olahraga TaeKwonDo Darmajaya (UKM BO TaeKwonDo) Periode 2008-2009 ini kami dengan sebenar-benarnya, kami menyadari bawasanya selama ke pengurusan kami banyak terjadi kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekurangan. Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama kepengurusan kami banyak mengecewakan bayak pihak, dan kami pun menyadari bahwa kami adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Kami berharap dengan hal-hal tersebut akan terjadi banyak perbaikan untuk generasi kepengurusan selanjutnya. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami selama menjabat di kepengurusan, baik itu manajenen kampus pada khususnya dan rekan_rekan di kepengurusan UKM BO TaeKwonDo. Semoga LPJ ini, dapat berguna untuk bahan perbaikan dan acuan dalam menjalankan organisasi.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

Bandar Lampung, 30 Mei 2009

Homat kami,

Pengurus

UKM BO TaeKwonDo

IBI Darmajaya

Periode 2008-2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar